Akhir Perjalanan Panjang Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4 SMAN 1 Baturetno Menempuh Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP)


Sabtu, 26 November 2022, menjadi hari bersejarah untuk 2 Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dari SMAN 1 Baturetno, Bapak Mardomo Susanto dan Ibu Arum Wulandari. Pada hari itu dilaksanakan lokakarya ke-9 yang merupakan lokakarya terakhir dari rentetan kegiatan lokakarya yang dijalani oleh CGP. Lokakarya ke-9 dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bulusulur Wonogiri, sekaligus sekolah ini menjadi saksi bersejarah atas keberhasilan Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri menyelesaikan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). PPGP yang semestinya bisa diselesaikan dalam waktu 9 bulan, mundur menjadi 13 bulan, hal ini karena adanya peralihan pengelola dari PPPPTK Matematika Yogyakarya ke BBGP Provinsi Jawa Tengan.

Kegiatan pada lokakarya ini dimulai dengan berbagi cerita mengenai rencana program sekolah satu tahun kedepan yang sudah disusun sebelumnya di lokakarya 8, sesi ini memperkaya CGP dalam menjalankan program kerjanya di sekolah masing-masing karena akan ada tanggapan dan saran dari CGP yang lain. Sesi berikutnya adalah melakukan analisa masalah dan menyusun manajemen resiko serta memperbaiki rencana program yang telah disusun untuk satu tahu kedepan.

Dengan selesainya PPGP, bukan berarti selesai pendidikan yang dilakukan oleh semua CGP. Sangat diperlukan adanya komunitas untuk mewadahi selepas pendidikan selesai, maka pada sesi selanjutnya dilakukan pemilihan Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Wonogiri. Terpilih  Anggrit Yusnanto dari SMA Negeri 2 Wonogiri terpilih sebagai koordinator CGP Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri. Kegiatan lokakarya ditutup dengan penandatanganan komitmen oleh seluruh CGP, penutupan, dan penyerahan kembali CGP oleh BBGP kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan Cabang dinas wilayah VI. Hadir dalam kegiatan penutupan, Kepala BBGP Djoko Sambodo, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Fx. Pranata, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI.

DJoko Sambodo menyampaikan bahwa seluruh CGP yang mengikuti rangkaian program pendidikan dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan, hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan ketekunan yang luar biasa dari para CGP. Fx. Pranata menyampaikan dengan sedikit bercanda bahwa dengan berakhirnya rangkaian PPGP selesai sudah “siksaan” yang harus dijalani para CGP. Namun demikian dengan adanya kegiatan PPGP ini Beliau tidak harus berpusing kembali memikirkan pengadaan Kepala Sekolah yang sangat mendesak di Kabupaten Wonogiri. Setelah upacara penutupan dan penyerahan kembali, lokakarya  berakhir pada pukul 16.00 WIB.

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *