Artikel

Enam Guru SMANSABA Mengikuti “PPG Dalam Jabatan” Tahun 2022


Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana, yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi seorang guru. Dalam perkembangannya, PPG dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah PPG Dalam Jabatan. Sedangkan yang kedua adalah PPG Prajabatan. Keduanya dibedakan menurut status mahasiswa sebelum mengikuti PPG tersebut. PPG Dalam Jabatan diperuntukkan untuk mahasiswa yang telah mengajar atau menjadi guru, dan sudah terdata di Dapodik. Sedangkan PPG Prajabatan, diperuntukkan untuk mahasiswa yang belum berstatus sebagai guru atapun belum terdata di Dapodik.

SMA Negeri 1 Baturetno yang memiliki 80 guru sebagai tenaga pendidik, lebih dari 70% sudah memiliki sertifikat pendidik. Hal ini tentu menambah nilai, kompetensi dan kualitas guru yang sangat berdampak pada proses dan hasil belajar siswanya. Di saat yang sama, tahun ini enam guru SMA Negeri 1 Baturetno terpanggil lolos untuk mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi tersebut. Keenamnya adalah Ibu Widya Purwaningsih, Ibu Ernawati, Ema Rusdiana, Ibu Vitralia, Bapak Marafendi dan Bapak Syarif. Keenamnya tersebar di tiga Perguruan Tinggi Negeri. Perguruan Tinggi tersebut adalah UNS, UNY dan UIN Surakarta

Dalam keterangannya, Kepala SMA Negeri 1 Baturetno menyampaikan rasa syukur dan harapan bagi keenam guru tersebut. Diharapkan dengan mengikuti PPG Dalam Jabatan ini, guru akan bertambah kompetensi, kualitas serta kesejahteraannya. Hal tersebut akan dapat berdampak langsung bagi peningkatan prestasi siswa dan sekolah. “Siswa berkualitas, haruslah didahului dengan guru yang berkualitas juga”, tutur beliau.

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *