Info PPDB SMANSABA 2022 / 2023


Informasi di bawah ini dirangkum berdasarkan informasi resmi dari Laman PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Jawa Tengah

Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Baturetno Tahun Pelajaran 2022 / 2023

KEGIATANLOKASIHARI, TANGGAL PELAKSANAANWAKTUKETERANGAN
Verifikasi Berkas, Pendaftaran Akun, Penerimaan Token, dan Aktivasi Akun.Online atau SMANSABARabu, 15 Juni 2022 - Selasa, 28 Juni 202207:00 - 23:55 WIB (jam kerja sekolah 07:30 - 15.30 WIB)Sekolah memfasilitasi CPDB* apabila menginginkan bantuan untuk kegiatan ini. (sesuai jam kerja sekolah)
PendaftaranOnline atau SMANSABARabu, 29 Juni 2022 - Jumat, 01 Juli 202207:00 - 16:00 WIB (tanggal 01 Juli 2022 DITUTUP pukul 16:00 WIB)Sekolah memfasilitasi CPDB* apabila menginginkan bantuan untuk kegiatan ini. (sesuai jam kerja sekolah)
Evaluasi, Pemeringkatan, dan PenyaluranOnlineSabtu, 02 Juli 2022 - Minggu, 03 Juli 202224 jamOtomatis oleh sistem
Pengumuman Hasil SeleksiOnlineSenin, 04 Juli 202224 jam (paling lambat pukul 23:59 WIB di website ppdb.jatengprov.go.id)Otomatis oleh sistem
Daftar UlangSekolah yang dituju / SMANSABASelasa, 05 Juli 2022 - Kamis, 07 Juli 202207:30 - 15:30 WIB (sesuai jam kerja sekolah)
Hari Pertama Masuk SekolahSekolah yang dituju / SMANSABASenin, 18 Juli 202207:00 WIB

*Ket: CPDB = Calon Peserta Didik Baru



Dokumen yang harus dipersiapkan oleh Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022 / 2023

Berikut ini adalah daftar dokumen pendaftaran yang akan verifikasi oleh Satuan Pendidikan atau Sekolah, guna mendapatkan token pendaftaran daring atau online :

  • JALUR ZONASI
  1. Buku Rapor SMP/sederajat;
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan;
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B;
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023;
  5. Piagam Prestasi/Penghargaan pada jenis kejuaraan berjenjang/tidak berjenjang (khusus bagi yang memiliki);
  6. Kartu Keluarga yang diterbitkan dan/atau telah tinggal paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB berdasarkan data administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi.
  • JALUR AFIRMASI
  1. Dokumen sama dengan Jalur Zonasi (Poin 1 – 6), dengan penambahan beberapa persyaratan :
    1. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan/atau menyertakan bukti kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diterbitkan oleh Kemendikbud;
    2. Calon Peserta Didik Baru yatim dan/atau piatu berdasarkan data dari (DP3AKB);
    3. Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari panti asuhan didasarkan atas data pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah;
    4. Calon Peserta Didik Baru terdaftar dalam hasil pendataan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya adalah putera/puteri dari orang tua calon peserta didik yang menangani langsung pasien Covid-19, dan yang melakukan  pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19 yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah;
    5. Surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi yang bersangkutan khusus bagi Calon Peserta Didik yang merupakan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya adalah putera/puteri dari orang tua calon peserta didik yang menangani langsung pasien Covid-19, dan yang melakukan  pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19 dengan wilayah kerja di luar Provinsi Jawa Tengah, dan masih tercatat sebagai warga Provinsi Jawa Tengah;
  • JALUR PERPINDAHAN ORANG TUA
  1. Dokumen sama dengan Jalur Zonasi (Poin 1 – 5), dengan penambahan beberapa persyaratan :
    1. Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan sekurang-kurangnya perpindahan antar Kabupaten/Kota;
    2. Calon Peserta Didik yang merupakan anak guru dibuktikan dengan Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dilampiri Surat Keputusan/ Penugasan dari pejabat yang berwenang;
    3. Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB dan telah mendapatkan pengesahan dari Kanwil Kemenag/Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya (khusus bagi yang memiliki);
    4. Kartu Keluarga di luar wilayah Zonasi;
    5. Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang  menerangkan bahwa orang tua Calon Peserta Didik yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah tersebut terhitung setelah tanggal penugasan.
  • JALUR PRESTASI
  1. Dokumen yang dibutuhkan prinsipnya sama dengan Jalur Zonasi (Poin 1 – 6), hanya saja nanti waktu mendaftar HARUS memilih yang Jalur Prestasi;
  2. Jalur ini biasanya diperuntukkan bagi CPDB yang :
    1. Domisilinya tidak masuk di Zonasi;
    2. Tidak mempunyai KIP atau tidak terdaftar di DTKS atau DP3AKB;
    3. Tidak sedang mengikuti Perpindahan Tugas Orang Tua;
    4. Ingin melanjutkan sekolah di SMANSABA, tetapi memiliki kendala sesuai dengan 3 poin tersebut di atas.

Tata Cara PPDB Tahun Pelajaran 2022 / 2023

  1. Membuka situs PPDB Daring dengan alamat ppdb.jatengprov.go.id;
  2. Menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem aplikasi PPDB;
  3. Melakukan verifikasi berkas pendaftaran secara luring pada Satuan Pendidikan atau Sekolah yang dipilih dengan membawa berkas sebagai berikut :
    1. Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen (contoh dapat dilihat di situs PPDB).
      1. Surat Keterangan Domisili bagi Calon Peserta Didik (khusus yang masuk melalui Jalur Perpindahan Orang Tua).
      2. Surat Perpindahan Tugas Orang Tua (khusus yang masuk melalui Jalur Perpindahan Orang Tua).
      3. Surat Keterangan Putra/Putri Nakes dari Dinas Kesehatan Provinsi untuk Calon Peserta Didik dari Luar Provinsi Jawa Tengah.
      4. Surat kematian yang diterbitkan oleh yang berwenang, dilampiri surat keterangan yang diterbitkan oleh puskesmas dan/atau rumah sakit yang merawat (khusus yang masuk melalui Jalur Afirmasi).
      5. Sertifikat/Piagam Prestasi Tertinggi (jika memiliki).
      6. Ijazah/Surat Keterangan Lulus.
      7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) jika memiliki.
      8. Kartu Keluarga (KK).
      9. Akta Kelahiran.
      10. Daftar nilai rapor (sesuai dengan form).
  4. Berkas-berkas pendaftaran diverifikasi oleh Satuan Pendidikan Negeri atau Sekolah Negeri terdekat dan apabila berkas dimaksud telah sesuai dengan ketentuan, maka Calon Peserta Didik akan memperoleh Token untuk melakukan pendaftaran, sedangkan yang belum memenuhi syarat wajib memperbaiki/memenuhi persyaratan yang diperlukan.
  5. Calon Peserta Didik yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan memperoleh nomor pendaftaran.
  6. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

Ketentuan Seleksi, Nilai Akhir, dan Pemeringkatan PPDB Tahun Pelajaran 2022 / 2023

  • Rincian lengkap tentang Ketentuan Seleksi, Nilai Akhir, dan Pemeringkatan PPDB Tahun Pelajaran 2022 / 2023, dapat dilihat DISINI
  • Dengan berdasar bahwasanya Ketentuan Seleksi, Nilai Akhir, dan Pemeringkatan PPDB Tahun Pelajaran 2022 / 2023, semuanya diproses By System atau oleh sistem, maka rincian ketentuannya tidak kami tampilkan disini. Namun, apabila Anda ingin mempelajarinya, LINK nya sudah kami sediakan.

. . Up to date . .

Share info:

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

16 komentar pada “Info PPDB SMANSABA 2022 / 2023

  • 3 Juni 2022 pada 09:01
    Permalink

    Admin, anak saya ingin sekali bisa masuk di SMANSABA, tp koq link pendaftaran online nya blm bisa di buka ya ? hanya bisa buka link tp pada saat mau daftar ada pemberitahuan “Mohon Maaf Halaman Ini Belum Dapat Di akses”, trus kira2 kita harus daftar kemana ya ? oh iya sama saya mau tanya apa Kecamatan Punung masuk zonasi ?

    Balas
    • 3 Juni 2022 pada 11:03
      Permalink

      Link Pendaftaran baru dibuka tgl 29 Juni 2022, tetapi sebelum mendaftar, CPDB harus membuat akun terlebih dahulu di website PPDB Jateng (dibuka tgl 15 Juni 2022). Hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau bisa langsung datang ke SMANSABA untuk kami bantu. Semoga Bermanfaat.

      Balas
  • 5 Juni 2022 pada 13:50
    Permalink

    Min,anak sy dr tk,sd,smp sklhnya di baturetno,cuma kknya ikut sy jd kk tangerang,dia di kmpung tinggal sm ortu sy,apakah anak sy bs mendaftar lewat jalur zonasi ya?

    Balas
    • 6 Juni 2022 pada 14:05
      Permalink

      Berdasarkan informasi dari Anda, pilihan jalur zonasi tidak bisa jadi pilihan (karena dasarnya adalah KK). Solusinya adalah bisa pilih jalur prestasi.

      Balas
      • 16 Juni 2022 pada 12:37
        Permalink

        Mohon maaf sebelumnya. Hari ini 16 Juni mencoba untuk membuat akun. Dalam pengisian ada item untuk mengisi NPSN sekolah orang tua mengajar. Tetapi tidak bisa terkirim dg komen NPSN yg saya isikan tidak terdeteksi padahal sudah benar untuk NPSN tersebut. Mohon pencerahan. Terima kasih.

      • 22 Juni 2022 pada 09:28
        Permalink

        Mohon maaf, untuk masalah teknis seperti ini, bisa langsung menghubungi CP yang tertera di brosur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mau tahu posisi kamu di urutan keberapa untuk PPDB SMANSABA tahun ini..?
CEKIDOTT!