Media Pembelajaran dengan Aplikasi AritGeo Tingkatkan Motivasi Belajar Barisan dan Deret


Oleh : Fajar Yuliyanti, S.Pd. Guru Matematika SMA Negeri 1 Baturetno – Wonogiri

Sebagian besar siswa masih menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan dan banyak hitungan. Rostiana (2015) menyatakan matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Pendidikan. Marti (2010) mengatakan bahwa meskipun matematika dianggap memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, namun setiap orang harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah sehari – hari. Untuk itu perlu ada strategi agar mereka tetap semangat dalam pembelajaran matematika. Ini merupakan tantangan bagi saya yang mengampu mata pelajaran matematika. Motivasi yang kurang dalam mengikuti pembelajaran matematika dapat menyebabkan hasil belajar yang rendah.


Hal ini juga dialami oleh siswa – siswi SMAN 1 Baturetno khususnya kelas XI dalam mempelajari materi barisan dan deret. Untuk itu perlu adanya media pembelajaran yang bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa. Salah satunya adalah media pembelajaran dengan berbantuan aplikasi AritGeo. Dengan media tersebut diharapkan dapat mengubah anggapan dari matematika yang membosankan menjadi matematika yang menyenangkan.


Media ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan dapat melatih kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah. Pembelajaran menjadi tidak monoton karena diselingi dengan pemanfaatan aplikasi AritGeo sehingga suasana tidak menegangkan. Siswa lebih termotivasi belajar karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan, sehingga membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Media ini berusaha menguji pemahaman siswa dalam menjawab soal, kemudian di bandingkan dengan hasil pada aplikasi AritGeo.


Penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi AritGeo pada materi barisan dan deret adalah sebagai berikut : (1) guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai; (2) guru menyajikan materi dengan tanya jawab; (3) guru membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil; (4) siswa diberikan soal dan mengerjakan sesuai dengan konsep yang didapatkan (5) guru memberikan instruksi untuk mengecek jawaban pada aplikasi AritGeo kemudian membandingkan dengan jawaban secara manual; (6) guru memberikan hadiah pada kelompok yang memperoleh nilai tertinggi.


Guru memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Di setiap awal pembelajaran guru dituntut untuk memberikan motivasi kepada aiawa agar mereka semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain motivasi juga perlu adanya pemilihan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat menimbulkan motivasi belajar siswa sehingga mereka dapat mencapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Alternative media pembelajaran yang dapat dipilih adalah media pembelajaran berbantuan aplikasi AritGeo yang sudah penulis uraikan diatas.


Media pembelajaran berbantuan aplikasi AritGeo membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil pemahaman siswa. Mereka saling bekerjasama antar anggota kelompok dalam Susana belajar yang menyenangkan membuat siswa lebih menikmati pembelajaran, sehingga siswa tidak mudah boan untuk belajar.

Fajar Yuliyanti, S.Pd.

Guru Matematika SMA Negeri 1 Baturetno – Wonogiri

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *