Artikel

Menjaga Tradisi Kuliner Negeri melalui Praktik Pengolahan Mapel Prakarya dan Kewirausahaan


Indonesia merupakan negeri dengan ragam budaya yang sangat kaya. Mulai adat istiadat, bahasa daerah, kuliner. Kuliner negeri ini terkenal dengan aneka olahan rempah-rempah dan beberapa sudah terkenal di dunia akan kelezatan rasanya. Banyak yang namanya sudah mendunia dan sangat disukai oleh warga negara asing.


Kekayaan kuliner negeri ini perlu senantiasa dilestarikan dari generasi ke generasi. Kekayaan kuliner negeri ini apabila tidak senantiasa dilestarikan akan usang dan dilupakan oleh zaman, apalagi sekarang dipicu dengan perkembangan teknologi komunikasi yang memanjakan generasi muda dalam memenuhi kebutuhan pangan seperti hadirnya goofood, grabfood, shopeefood dan sejenisnya. Hadirnya aplikasi ini bisa menjadikan generasi muda malas untuk belajar pengolahan pengan dan hanya menggantungkan kebutuhan pangan dengan order lewat aplikasi.


Generasi muda, khususnya peserta didik kelas 12, masih menjalani proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam interaksi sosial, peserta didik merupakan lapisan yang istimewa. Hal ini karena fungsi strategis peserta didik yaitu penyampai kebenaran, agen perubahan, dan sebagai generasi penerus masa depan. Peserta didik merupakan kalangan terdidik yang menjadi tumpuan serta harapan masyarakat dimasa yang akan datang.


Sejalan dengan pernyataan diatas, Guru Pengampu mapel Prakarya dan Kewirausahaan (Pkwu) kelas 12 melakukan terobosan untuk memaksimalkan ujian praktik dengan mengambil tema “pengolahan makanan khas daerah” dengan harapan generasi muda mengerti memahami, mencintai dan terus melestarikan kekayaan kuliner negeri ini dan menurunkan kepada generasi berikutnya.

Hasil Karya Siswa Siswi SMANSABA dalam Menjaga Tradisi Kuliner Indonesia


Ujian Praktik pengolahan dilakukan dari tanggal 13 – 17 Februari 2023 di space kantin SMA Negeri 1 Baturetno. Sekolah juga memfasilitasi dengan segala sesuatu yang diperlukannya. Kegiatan tersebut direstui dan didukung sepenuhnya oleh Kepala SMAN 1 Baturetno, Drs. Susilo Joko Raharjo, M.Pd., beserta semua wakil kepala sekolah. Di sela-sela kegiatan ujian praktik, kepala sekolah menyampaikan harapan kepada generasi muda untuk tetap mencintai dan melestarikan kekayaan kuliner dan terus berimprovisasi menghasilkan aneka kuliner baru yang dapat menjadi kuliner khas negeri ini.

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *