Menyulap Bligo menjadi Permen Kaya Manfaat


Berawal dari melihat buah bligo yang harganya murah dan kurang dimanfaatkan mendorong lima siswa SMA Negeri 1 Baturetno Wonogiri membuat produk inovatif dengan memanfaatkan buah bligo. Buah tersebut yang seringkali dijadikan campuran es buah pada acara hajatan. Tekturnya mirip dengan melon namun memiliki rasa yang kurang tajam. Di tangan Salsabila, Olivia, Gumilang, Raihan dan Wahyu buah ini kemudian disulap menjadi permen yang kaya manfaat.


Buah bligo mengandung unsur nutrisi penting seperti vitamin C, B1, B2, kalsium hingga zat besi. Berbagai macam kandungan tersebut dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Di Baturetno sendiri buah bligo mudah ditemukan di kebun warga atau di pasar tradisional dengan harga sangat terjangkau.


Salsabila dengan tim kemudian memiliki ide untuk membuat permen bligo agar agar tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengkonsumsinya namun juga anak-anak. Tantangan terberat dalam pembuatan produk ini adalah menyaring air buah bligo yang membutuhkan tenaga. Bligo terbut dikeringkan dengan cara disaring agar kandungan vitaminnya tidak hilang dan bisa lebih awet jika disimpan dalam waktu yang lama.Setelah melalui berbagai penelitian dan uji coba akhirnya mereka menemukan formula yang pas dan tepat. Permen bligo tersebut kemudian dinamakan Go Candy.

Proses pembuatan permen tersebut meliputi beberapa tahap, diantaranya:

  1. Kupas buah bligo, kemudian potong-potong.
  2. Bligo dicuci sampai bersih, lalu ditiriskan.
  3. Selanjutnya bligo diparut dan diperas sampai kandungan airnya berkurang.
  4. Masak bligo bersama gula, aduk sampai teksturnya padat.
  5. Kemudian beri pewarna dan dibentuk bulat, taburi gula pasir agar tidak lengket.

Menurut Salsabila dan tim, hasil penelitian siswa ini telah diikutkan dalam ajang Kreanova tingkat kabupaten dan memperoleh pembiayaan serta pendampingan dalam produksinya oleh Bapeda dan Litbang Kabupaten Wonogiri. Saat ini permen Go Candy hanya bisa bertahan satu bulan.Pemnen Go Candy ini dipasarkan melalui media sosial instagram dengan akun”go_candyy”.
Oleh : Widya Pusparingga,S.Pd. & Arum Wulandari, S. Si.

Bagikan info:

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *