Partisipasi Siswi SMAN 1 Baturetno dalam Pencegahan Anemia


Cegah Anemia : 700 Siswi SMAN I Baturetno Minum Tablet Fe Serentak

Siswi SMANSABA

pkmbaturetno1(30/07/2018)“Smansaba… Sehat… Bugar… Berprestasi…”, begitulah gemuruh yel-yel germas SMAN I Baturetno (SMANSABA) saat kegiatan gerakan minum tablet Fe serentak. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman sekolah setelah selesai upacara bendera ini, diikuti oleh 700 an siswi mulai dari kelas X hingga XII dan guru. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puskesmas Baturetno I bekerjasama dengan Tim Pelaksana UKS, OSIS dan PMR SMAN I Baturetno.

Puskesmas Baturetno di SMAN 1 Baturetnodr. Sustiyadi, M.Kes (Kepala Puskesmas Baturetno I) menyampaikan bahwa pencegahan anemia sejak dini sangat penting dilakukan pada remaja putri, karena anemia menjadi salah satu penyebab tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia. Pemberian tablet Fe pada remaja putri diharapkan mampu menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi pada waktu mendatang.

Sesuai dengan visi Puskesmas Baturetno I, dimana selain pelayanan prima, Kemandirian masyarakat dibidang kesehatan menjadi salah satu agenda dalam setiap kegiatan terutama UKM. Untuk mewujudkan kemandirian masyarakat sekolah, khususnya dalam pencegahan anemia, Puskesmas Baturetno I mendorong sekolah untuk menunjuk Duta anti Anemia, sebagai ujung tombak puskesmas dalam pencegahan anemia di sekolah. Sebanyak 33 Siswa, dilantik sebagai Duta anti Anemia oleh Kepala Puskesmas Baturetno I, yang ditandai dengan penyematan selempang DUTA Anti ANEMIA SMANSABA.

Duta Anti Anemia ini, selanjutnya akan diberikan pelatihan khusus dalam penemuan dan penanganan kasus anemia secara dini .

Puskesmas Baturetno di SMAN 1 Baturetno

Duta Anti Anemia memiliki tugas sebagai konselor teman sebaya tentang anemia.

Tepat jam 09.00 WIB, dilakukan minum tablet Fe secara bersama-sama yang dipimpin oleh Basuki, AMK (pelaksana Promosi Kesehatan) dan didampingi oleh Tim Kesehatan Puskesmas Baturetno I.

Puskesmas Baturetno di SMAN 1 Baturetno

Selain gerakan minum tablet Fe, Tim Kesehatan Puskesmas Baturetno I (12 personil) melakukan penjaringan (screening) anemia melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik. Dari hasil pendataan ditemukan 34 siswi mengalami keluhan 5L, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan Haemoglobin (Hb) oleh Tim Laboratorium. Dari 34 siswi yang dilakukan pemeriksaan Hb, 8 diantaranya mengalami anemia dengan kadar Hb <12 gr/dl, yang ditangani pada saat itu juga oleh Tim Dokter.

Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari program Upaya Kesehatan Masyarakat lintas program (Gizi, KIA, Promkes), yang tertuang dalam Rencana Anggaran Kegiatan Puskesmas Baturetno I bersumber dari Dana Bantuan Operasional Kesehatan (DAK Non Fisik Puskesmas Baturetno I TA. 2018.

Sumber: https://dinkes.wonogirikab.go.id/pkmbaturetno1

Bagikan info:

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *