Berita

Pelantikan Calon Ambalan Pramuka SMANSABA


Jum’at, 11 November 2022 dilaksanakan rangkaian kegiatan pelantikan calon Ambalan Pramuka Gugus depan 11.119/11.120 SMA Negeri 1 Baturetno. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan sebagai penanda bahwa kegiatan pelantikan calon ambalan telah dibuka. Dalam upacara pembukaan pelantikan calon ambalan ini terdapat suatu prosesi adat yang dilakukan. Dalam prosesi adat ini pemangku adat putra akan melakukan prosesi membuka keris Kyai Koriwelang yang diawali dengan basmalah, dan pemangku adat putri akan menyelendangkan selendang sutra Nyi Ageng Serang pada sebuah Kendi. Dengan dilaksanakan prosesi adat ini, secara simbolis kegiatan pelantikan telah dibuka. Setelah prosesi adat dilaksanakan, disampaikan amanat dari Pembina Upacara, bertindak sebagai Pembina adalah kak Paulus Sarudin, beliau menyampaikan bahwa dengan di lakukannya prosesi adat, kegiatan pelantikan telah dibuka, silahkan kepada calon ambalan untuk mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, dan yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan. Semoga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti serangkaian kegiatan ini, sehingga akan menjadi ambalam yang utuh.

Pada kegiatan esok pagi, calon ambalan melaksanakan kegiatan outbond, yaitu melakukan long march. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana materi ketrampilan kepramukaan yang telah dipelajari, serta juga untuk meningkatkan kerja sama team dalam memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi. Kegiatan berikutnya adalah Pengambilan tujuan dan ucap janji yang menandakan bahwa calon ambalan benar-benar siap untuk mengabdi kepada Pramuka SMA Negeri 1 Baturetno dan bisa bertanggungjawab atas nama Pramuka SMA Negeri 1 Baturetno.

Untuk mengakhiri kegiatan pelantikan calon ambalam pramuka SMA Negeri 1 Baturetno dilaksanakan pelantikan ambalam. Dalam upacara penutupan sangga putra akan digandeng oleh Pradana putra dan sangga putri digandeng oleh Pradana putri dan diantarkan sampai dengan pemangku adat untuk melakukan pemasangan pita dan akan berjalan memasuki gerbang ambalam. Hal ini menandakan bahwa calon ambalan telah dilantik secara resmi menjadi anggota Ambalan, setelah itu dilakukan prosesi adat yang dimana seorang pemangku adat putra membaca Alhamdulillah dan menutup keris Kyai Koriwelang kembali, serta pemangku adat putri mengucapkan Alhamdulillah dan melepas selendang sutra Nyi Ageng Serang dari kendi. Serangkaian pelantikan calon Ambalan Pramuka SMA Negeri 1 Baturetno telah dilaksanakan, semoga mereka dapat mengabdikan diri dan menjadi ambalam yang bertanggung jawab, serta dapat mengemban tugas dengan baik. Sehingga Pramuka SMA Negeri 1 Baturetno dapat berprestasi.

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *