Pelatihan FAMILI ADMINDUK bagi Kaum Pelajar Milenial SMANSABA


Pelajar adalah sebutan kepada orang yang sedang menjalani proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam interaksi sosial, pelajar merupakan lapisan yang istimewa. Hal ini karena fungsi strategis pelajar yaitu penyampai kebenaran, agen perubahan, dan sebagai generasi penerus masa depan. Pelajar merupakan kalangan terdidik yang menjadi tumpuan serta harapan masyarakat dimasa yang akan datang.


Sejalan dengan pernyataan di atas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonogiri melakukan terobosan untuk memaksimalkan pencatatan kependudukan dengan memanfaatkan pelajar sebagai promotor utama. Adapun inovasi terbaru Disdukcapil Wonogiri yaitu Fasilitator Milenial Administrasi Kependudukan (FAMILI ADMINDUK). Program ini telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Wonogiri Nomor: 470/105/HK/2021. Inti dari program ini adalah memberdayakan kaum milenial untuk mendampingi dan memfasilitasi keluarga, masyarakat/lingkungannya dalam urusan administrasi kependudukan. Sedangkan untuk jangka panjangnya, generasi muda yang sekarang menjadi Fasilitator Adminduk diharapkan memiliki kesadaran terhadap tertib adminduk sampai tua dan menurunkan kebiasaan tertib Adminduk kepada generasi berikutnya.

Sosialisasi Adminduk SMANSABA 1
Sosialisasi dan Pelatihan FAMILI ADMINDUK di SMA Negeri 1 Baturetno


Salah satu sekolah yang menjadi sasaran pelatihan Famili Adminduk adalah SMA Negeri 1 Baturetno. Hari Kamis, 25 November 2021, SMA Negeri 1 Baturetno memfasilitasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan Fasilitator Milenial Administrasi Kependudukan (FAMILI ADMINDUK). GOR Kawah Candradimuka SMA Negeri 1 Baturetno menjadi pilihan tempat yang tepat untuk melaksanakan kegiatan pelatihan itu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonogiri, disambut oleh Kepala SMA Negeri 1 Baturetno (Drs. Paidi, M.Pd.) beserta wakil kepala urusan hubungan masyarakat (Slamet Riyanto, S.Pd.), dan diikuti oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno yang terjadwal PTMT pada hari itu. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, mengingat pelaksanaannya masih di masa pandemi.

Sosialisasi Adminduk SMANSABA 2
Antusiasme Siswa dalam mengikuti Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan FAMILI ADMINDUK


Bapak Totok Sugiyarto, S.Sos., M.M., Kabid PIAK (Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan), menyatakan bahwa pihak Disdukcapil menargetkan sasaran untuk program ini Tahun 2021 adalah sejumlah 800 siswa/siswi, meliputi 6 SMA Negeri dan 2 SMK Negeri di Kabupaten Wonogiri. Beliau juga menuturkan tujuan pembentukan “FAMILI ADMINDUK” antara lain:

  1. Membentuk generasi milenial yang sadar Adminduk.
  2. Membentuk Kader Sadar Adminduk.
  3. Membentuk Fasilitator/pendamping proses sosialisasi dan layanan Adminduk di tingkat keluarga, lingkungan dan komunitas.
  4. Sebagai upaya untuk menggerakkan dan mempermudah layanan Adminduk.
  5. Menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Sedangkan tugas “FAMILI ADMINDUK” yaitu:

  1. Melaksanakan sosialisasi dan fasilitasi pengurusan Adminduk untuk keluarga, lingkungan atau komunitasnya.
  2. Melaksanakan koordinasi dengan RT/RW, Pemerintah Desa/Kelurahan dalam pengurusan Adminduk.
  3. Membantu menyosialisasikan Desa/Kelurahan Sadar Adminduk.

Pada kesempatan ini, beliau juga menuturkan tata cara bergabung menjadi Famili Adminduk. Pelajar milenial di Smansaba dapat bergabung melalui aplikasi Android Telunjuk Sakti dengan langkah sebagai berikut:

  1. Mengunduh aplikasi android “Telunjuk Sakti” melalui Google Playstore;
  2. Mendaftar akun;
  3. Login;
  4. Mendaftar Sebagai Famili Adminduk dengan cara memfoto dan mengupload Kartu Pelajar;
  5. Melakukan permohonan Adminduk melalui Telunjuk Sakti.
Sosialisasi Adminduk SMANSABA 3
Acara berlangsung di Gedung Olah Raga ( GOR ) “Kawah Candradimuka” SMANSABA

Di akhir perjumpaan, Bapak Totok Sugiyarto, S.Sos., M.M. menyampaikan harapan kepada insan cendekia, pelajar milenial di Smansaba ini, dapat menjadi Adminduk yang andal. Dengan demikian, proses kepengurusan administrasi kependudukan di lingkup Kabupaten Wonogiri lancar tanpa terkendala, sejalan dengan amanat undang-undang yaitu taat hukum dan pemerintahan.

Oleh : Titin Rohmawati, S.Pd.

Share info:

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.