Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal, Sebagai Salah Satu Parameter Efektivitas Pembelajaran


Mulai hari Senin, 19 September 2022 sampai dengan Rabu, 28 September 2022, SMAN 1 Baturetno mengadakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal dilakukan berbasis kertas (paper test) dengan bentuk soal essay. Penilaian berbasis kertas mulai secara normal dilakukan mulai tahun pelajaran ini. Penilaian Tengah semester (PTS) Gasal melibatkan anak-anak kelas XI dan XII. Sementara anak kelas X melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil tema kewirausahaan. Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal dilaksanakan di ruang-ruang kelas SMA Negeri 1 Baturetno. Total sebanyak 22 ruang kelas yang digunakan untuk kegiatan ini.

Pada hari pertama pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal, sebelum bel masuk dibunyikan, Kepala Sekolah mengadakan briefing bagi panitia dan pengawas. Drs. Susilo Joko Raharjo, M.Pd. melaksanakan breafing tersebut untuk melakukan koordinasi terkait teknis pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal. Tak hanya seputar pelaksanaan Penilaian Tengah Semester, dalam breafing itu juga diselipkan berbagai informasi lain yang perlu disampaikan terkait kebijakan sekolah.

Sebenarnya, Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan selama setengah semester. Dari hasil evaluasi ini nanti akan diketahui efektivitas siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran, yang nantinya akan digunakan sebagai bahan refleksi untuk perbaikan dalam pembelajaran selanjutnya.

Hasil evaluasi Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal ini selanjutnya akan disampaikan ke orang tua dalam bentuk laporan hasil belajar. Di dalam laporan hasil belajar tersebut akan terinci secara detail pencapaian belajar putra/putrinya di SMAN 1 Baturetno selama setengah semester gasal ini. Dengan demikian, laporan ini akan menjadi parameter efektivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan guru dan peserta didik dalam mencapai sejumlah kompetensi yang tertuang dalam wadah kurikulum.

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *