Tips Persiapan UNBK

Sebentar lagi siswa SMA akan menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020.

Mereka akan menghadapi berbagai macam ujian pelajaran. Tentu banyak persiapan yang telah dan akan dilakukan demi keberhasilan ujian, terutama belajar dengan giat.

Selain soal giat belajar, ada hal lain yang perlu diperhatikan yakni asupan makanan. Asupan makanan, terutama makanan yang tepat akan membantu meningkatkan kemampuan otak. Dilansir dari beragam sumber, berikut tujuh makanan yang direkomendasikan selama menghadapi ujian atau UNBK.

1. Salad dengan dressing minyak zaitun

Banyak ahli gizi mengamini bahwa sayuran memang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Siapa sangka, sayuran juga punya manfaat buat otak.

“Data mendukung bahwa makan makanan yang tinggi vitamin E dan ini termasuk salad sehat dengan dressing minyak, biji-bijian dan kacang, selai kacang, dan gandum utuh,” kata Martha Clare Morris, direktur gizi dan epidemologi gizi di Fakultas Penyakit Dalam, Rush University, Chicago, Amerika Serikat dikutip dari Health (21/9).

Sayuran memiliki kandungan antioksidan, vitamin E yang dapat membantu melindungi sel saraf. Pada penyakit alzheimer, saraf pada bagian tertentu pada otak mulai mati dan berujung pada kemunduran ingatan.

2. Ikan

Konsumsi ikan seperti makarel, tuna dan salmon baik untuk otak. Ikan-ikan ini kaya akan omega 3 termasuk docosahexaenoic acid alias DHA.

Dikutip dari Times of India, omega 3 dapat mengurangi inflamasi, meningkatkan kemampuan kognitif, perasaan dan kesehatan kardiovaskular. Minyak ikan diketahui dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Di sisi lain, menggeser daging merah dengan ikan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi daging merah bisa menimbulkan risiko penumpukan lemak pada arteri.

3. Alpukat

Pilihan buah yang baik selama masa menghadapi UNBK atau ujian lainnya adalah alpukat. Buah ini kaya akan vitamin E. Sebuah riset yang dilakukan Martha dan koleganya di universitas menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E berhubungan dengan penurunan risiko penyakit alzheimer.

4. Teh

Ada beberapa pilihan jenis teh yang baik untuk otak. Dilansir dari Medical News Today, teh pepermint dapat meningkatkan kemampuan ingatan terutama ingatan jangka panjang. Sedangkan teh hijau atau teh matcha mengandung L-theanine yang mampu menenangkan sekaligus menurunkan kecemasan, meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Cokelat

Camilan satu ini memang diketahui memiliki banyak manfaat. Ia dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan memproses informasi visual. Cokelat juga mampu melawan gangguan tidur yang berasosiasi dengan merosotnya kemampuan kognitif. Pilih cokelat dengan kadar kokoa tinggi untuk menghindari konsumsi gula berlebih.

6. Kacang dan selai kacang

Kacang dan selai kacang memang kaya akan lemak, tetapi lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu mereka juga mengandung vitamin E.

“Ada beberapa riset yang bagus bahwa diet yang kaya akan lemak sehat, dan kaya gandum utuh, sayuran hijau dan kacang, baik untuk otak dan jantung,” kata Maria C. Carrillo dari Alzheimer’s Association di Chicago.

7. Kopi

Kopi kerap dijadikan kawan begadang demi belajar. Kandungan kafeinnnya memang jadi stimulator untuk tubuh agar tetap terjaga, mengurangi rasa lelah sehingga saat bangun orang dapat lebih bersemangat. Dalam sebuah riset, asupan kafein yang setara dengan lima cangkir kopi memperbaiki ingatan tikus dan mencegah perkembangan alzheimer pada mereka. Namun disarankan untuk mengonsumsi kopi tak berlebihan. (chs/chs)

Semoga bermanfaat.

Sumber: CNN Indonesia ( Edited )

Bagikan info:

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *