Guru, Kunci Siswa Melek Internet

Jakarta, Kemendikbud — Saat ini anak-anak Indonesia memerlukan penumbuhan kemampuan memilih dan memilah informasi serta berpartisipasi dalam menggunakan internet. Ke depan Indonesia bukan hanya saja baik sebagai konsumen dalam memanfaatkan internet tetapi juga mampu menjadi berkarya sebagai produsen informasi. Ini yang harus ditumbuhkan di dalam dunia pendidikan Indonesia.
Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, saat menyampaikan materi pada acara peluncuran NET Citizen Journalist di Lotte Avenue, Jakarta, Sabtu (29/8/2015).
Mendikbud mengungkapkan, agar anak-anak Indonesia yang tersebar di lebih dari 208.000 sekolah di seluruh Indonesia dapat menjadi produsen informasi dalam pemanfaatan internet tentu tidak sederhana. Namun, kata dia, hal pertama yang perlu didorong adalah guru yang mampu memanfaatkan internet sebagai sumber informasi. “Begitu gurunya bisa menggunakan internet dengan baik, dia akan memanfaatkannya di kelas, dia bisa menginspirasi anak-anaknya di sekolah,” ujarnya.
Mendikbud menjelaskan, selama ini pendidikan Indonesia berkonsentrasi pada peningkatan produktivitas dalam waktu yang singkat untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Sebenarnya, kata dia, jika hal itu ditambahkan dengan kreativitas maka akan menghasilkan produk yang tidak terbatas nilainya. “Ini bukan sesuatu hal yang baru tetapi bagi sekolah-sekolah di Indonesia ini hal baru,” tuturnya.
Mendikbud mengatakan, internet bagi masyarakat perkotaan adalah sebuah kemewahan tetapi bagi sebagian besar masyarakat pedesaan adalah keharusan. Dia mengatakan, apabila masyarakat pedesaan tidak memanfaatkan teknologi ini maka mereka akan jauh tertinggal dalam mengenal teknologi tersebut. “Ini yang harus kita dorong, harus disiapkan listrik, sinyal, dan lainnya,” ucapnya. (Agi Bahari)
Sumber: http://www.kemdikbud.go.id

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Satu tanggapan untuk “Guru, Kunci Siswa Melek Internet

  • 7 Februari 2016 pada 21:13
    Permalink

    Sepertinya anak anak jaman sekarang harus diajarkan bagaimana memanfaatkan peluang bisnis di internet atau yang biasanya disebut Internet Marketing.

    Seperti sekarang yang saya ketahui, tidak sedikit siswa siswi yang sudah memiliki laptop sendiri untuk mengerjakan tugas sekolah.

    jika mereka paham, mereka bisa memanfaatkannya untuk belajar bisnis di dunia internet mulai dari sekarang.

    Bisnis online yang paling sederhana saat ini adalah Blogging for Money, yaitu Ngeblog untuk menghasilkan uang, mungkin banyak dari murid disini yang mungkin tidak ngeh / mudeng dengan hal yang seperti ini, karena mereka tidak mencari tau apa kegunaan blog yang bisa digunakan sebagai ladang uang.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *