Penilaian Akhir Semester ( PAS ) sebagai Salah Satu Parameter Ketercapaian Kompetensi


Pada hari Senin, 29 November 2021, kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 mulai digelar di SMA Negeri 1 Baturetno. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester dilakukan secara luring berbasis kertas (paper test). Penilaian berbasis kertas baru pertama kali dilaksanakan di masa pandemi covid-19 ini. Adapun jadwal pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ini mulai hari Senin, 29 November sampai dengan Rabu, 8 Desember 2021.

PAS GASAL 2021 SMANSABA


Penilaian Akhir Semester Gasal dilaksanakan di ruang-ruang kelas SMA Negeri 1 Baturetno. Total ruang kelas yang digunakan sebanyak 34. Terkait dengan mekanisme, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Gasal tetap menjunjung tinggi protokol pencegahan penularan covid-19 secara ketat. Adapun wujud penerapan protokol kesehatan tersebut antara lain, peserta didik dan pengawas harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Sekolah juga menyediakan sarana untuk mencuci tangan yang memadai. Selain itu, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester dibagi menjadi dua shift. Shift pertama pukul 07.00 – 10.00 WIB dan shift kedua pukul 10.30-12.30 WIB. Satu ruang ujian hanya diisi oleh 18 siswa atau 50% dari total kapasitas kelas. Dengan langkah ini diharapkan dapat mencegah timbulnya cluster covid di SMA Negeri 1 Baturetno.

PAS GASAL 2021 SMANSABA


Pada hari pertama pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Gasal, sebelum bel masuk dibunyikan, Kepala Sekolah mengadakan briefing bagi panitia dan pengawas. Drs. Paidi, M.Pd. melaksanakan breafing tersebut untuk melakukan koordinasi terkait teknis pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Gasal. Tak hanya seputar pelaksanaan Penilaian Akhir Semester, dalam breafing itu juga diselipkan berbagai informasi lain yang perlu disampaikan terkait kebijakan sekolah.

PAS GASAL 2021 SMANSABA


Sebenarnya, Penilaian Akhir Semester Gasal ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan selama satu semester. Dari hasil evaluasi ini nanti akan diketahui peserta didik yang sudah mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan, peserta didik yang belum mencapainya, dapat mengikuti program remidiasi pembelajaran.

PAS GASAL 2021 SMANSABA


Hasil evaluasi ini selanjutnya akan disampaikan ke orang tua dalam bentuk laporan hasil belajar. Di dalam laporan hasil belajar tersebut akan terinci secara detail pencapaian belajar putra/putrinya di SMAN 1 Baturetno selama semester gasal ini. Dengan demikian, laporan ini akan menjadi parameter keberhasilan bagi peserta didik dalam mencapai sejumlah kompetensi yang tertuang dalam wadah kurikulum.

Oleh : Mardomo Susanto, S.Pd.

Bagikan info:

admin

Website Resmi SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *